Oleh : Soimah (7516140921)
Mahasiswa
PPs PAUD Non Reguler Tugas Pertemuan 3
UNIVERSITAS
NEGERI JAKARTA 2015
Perkembangan ilmu dan
teknologi terus melesat cepat meninggalkan manusia yang tak mampu beradaptasi
dengan larinya sang waktu. Proses pembelajaran tidak lagi
terpasung oleh adanya ruang dan waktu. Konsep belajar di masa lalu yang
mensyaratkan adanya siswa dan guru di suatu kelas melalui proses temu muka,
mengalami pergeseran dengan pemanfaatan
TIK. Proses pembelajaran bahkan bisa menjangkau dua benua,
bisa dilakukan siswa dari tempat tinggalnya masing-masing tanpa harus
mengeluarkan biaya untuk pembelian bahan bakar dan biaya perjalanan dan berbagai kendala di perjalanan
pun bisa tertanggulangi. Jika di saat lalu pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) maka sekarang berubah menjadi berpusat pada
pembelajar itu sendiri / siswa (student
centered).
Proses pembelajaran bisa
terjadi dengan menyediakan seperangkat alat komunikasi smart-phone atau laptop / komputer yang dilengkapi dengan software
tertentu dan terhubung dengan jaringan internet.
Namun ada syarat yang harus dimiliki pembelajar
yakni penguasaan
terhadap aplikasi office (word processor, spreadsheet, presentation),
penguasaan aplikasi dasar internet (browsing, email, mailist) dan
dasar-dasar sistem operasi (mengelola file, install, printing),
penguasaan pembuatan materi multimedia (CD interaktif, audio, video, animasi). Komputer bisa dipergunakan dalam tiga bentuk : belajar
tentang komputer (learning computer),
belajar melalui komputer (learning
through computer), belajar dengan komputer (learning with computer).
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan
mempunyai nilai tambah memperluas akses, menyiapkan siswa menjadi lebih siap
dan terampil saat memasuki dunia kerja, mentransformasi lingkungan belajar,
serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa
tak hanya mendapat sumber
informasi dari guru dengan
metode ceramah namun melalui
penyajian animasi dan
simulasi peristiwa melalui multimedia. Multimedia
adalah kombinasi dari dua atau lebih format media yang saling terintegrasi yang
menampilkan informasi atau program pembelajaran dimana diintegrasikan
unsur-unsur teks, suara, gambar, gerak, grafik, dan video yang dapat dilakukan
secara off-line maupun on-line baik
secara linier maupun interaktif. Multimedia dipergunakan dalam pembelajaran
karena berdasarkan penelitian Peter Sheal (1989) dalam bukunya How to Develop and Present Staf Training
Course, bahwa kita belajar 10% dari apa yang kita baca, 20% dari apa yang
kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan
dengar, 70% dari apa yang kita katakan, 90% dari apa yang kita katakan dan
lakukan.
Tiga
bentuk sistem pembelajaran melalui internet yaitu web course, web centric course, web enhanced course. Pada web
course, internet digunakan secara penuh sebagai bahan belajar, diskusi,
penugasan, latihan, ujian, dilengkapi berbagai sumber belajar digital yang
tersedia di internet. Komunikasi siswa dan guru dilakukan secara asynchronous dengan fasilitas email,
milis, atau synchronous dengan
fasilitas chat rooms dan online conference. Sedangkan pada web centric course, interaksi siswa dan
guru tidak sepenuhnya terpisah, ada proses tatap muka dengan prosentase lebih
kecil, pembelajaran melalui internet lebih dominan, ujian dan konsultasi
melalui tatap muka. Pada web enhanced
course, pembelajaran yang utama melalui tatap muka, internet hanya sebagai
penunjang.
Kunci
sukses pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran tergantung kepada
perencanaan dan komitmen dari manajemen lembaga pendidikan, penyediaan
infrastruktur, sumber-sumber belajar yang tersedia, pelatihan keterampilan bagi
tenaga pendidik dan staf teknik, koordinasi dan perawatan serta pemeliharaan
sarana TIK.
Daftar Pustaka :
Khaerudin. 2015. Penggunanaan
TIK dalam Pendidikan, Handout Mata
Kuliah TIK. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
______________ ICT
dalam Pembelajaran, Handout Mata Kuliah TIK.
Jakarta: Universitas
Negeri Jakarta.
Nugraha, Ali, dkk. 2010. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar